Rp 1 Miliar Tiap Desa


PRAYA-Sedikitnya 30 desa wisata di Lombok tengah diguyur dana segar dari Kememerian Desa, Pembangunan Daerah tertinggal dan transmigrasi. Masing-masing desa menerima Rp l miliar

lni setelah kami dan pak bupati' bertemu sejumlah pejabat Kemendes PDTT diJakarta, beberapa hari lalu,” ujar Ketua Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Loteng Baiq Ida Wahyudi Sabtu (17/8) Ialu.


Dia menjelaskan, anggaran akan direalisasikan 2020 mendatang. Tujuannya, membantu pengembangan pariwisata. Dengan dana itu dapat dilakukan sejumlah hal. Seperti pembangunan fasilitas penginapan, promosi pariwisata, hingga atraksi. "Sebenarnya, perwakilan kepala desa juga akan dikirim ke luar negeri,” bebernya.

Namun karena baberapa kendala, ditunda akhir tahun ini atau tahun depan. "Tugas kita sekarang,mari kita jaga Kamtibmas, kebersihan, dan kesehatan," sambung Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisate (Disbudpar) Loteng HL. Muhammad Putrie,terpisah


Bupati Lombok Tengah HM Suhaili FT mengucap apresiasinya atas perhatian pusat itu. "Itu semua pasti mendukung KEK Mandalika," ujarnya.


Dia menekankan, dengan bantuan itu, bukan fisik saja yang dibangun. Tak kalah pentingg SDM termasuk juga mental masyarakat, agar siap menerima dan bisa berpartisipasi membangun wilayah. ”Termasuk, menjaga kearifan lokal," cetus Suhaili. (dss/r9)